Senin, 23 Februari 2015

Ya Rasulullah ... Kini Islam benar-benar ASING (1)

Melihat kehidupan umat islam saat ini, kita diingatkan pesan Rasulullah saw yang berbunyi,  Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasingkan itu.”. Adakah islam sudah menjadi asing saat ini?

Mari kita renungi  beberapa aspek dalam kehidupan ini:
1. Aspek ekonomi 
Umat islam indonesia yang mayoritas di Indonesia, dalam bidang ekonomi, adakah kita menggunakan konsep islam? Adakah pasar-pasar kita berprinsip seperti pasar-pasar yang digagas Rasulullah? Konsep apakah yang kita pakai? Yap, konsep yahudi, konsep ribawi. Sistem keuangan (perbankan) yang kita gunakan menggunakan sistem ribawi. Sistem keuangan kita adalah sistem ribawi. Inilah sistem yang digunakan saat zaman Jahiliyah, sebelum Rasulullah diutus. Bagaimana dengan konsep islam? Kenalkah kita dengan sistem islam? tahukah kita dengan konsep islam dalam segi ekonomi? TIDAK. Kita tidak mengenalnya, apalagi mengaplikasikannya dalam kehidupan kita. Bahkan kita asing dengan konsep itu, bahkan sebagian kita bertanya, memang ada konsep islam dalam bidang perbankan? 

Semoga para ahli agama (yang jumlahnya semakin sedikit,karena inilah zaman diangkatnya ulama) yang memahami konsep islam mampu mengembalikan konsepnya pada konsep ekonomi  islam .... 

Tidak ada komentar: