Selasa, 03 Maret 2015

Konsep Islam Tentang Remaja .... (1)

Sangat menarik tulisan DR. Khalid Ahmad Asy Syantut: Tarbiyah Asy Syabab Al Muslim lil Aba’ wad Du’at (Pendidikan pemuda muslim, bagi para orangtua dan dai). Sebagai seorang ahli pendidikan, tulisan sebanyak 123 halaman (versi Word) itu menggabungkan antara kedalaman ilmu pendidikan, landasan syar’i yang kuat, kajian ilmiah para pakar muslim dan non muslim, penelitian lapangan dan pengalaman.
Di Pasal Dua, beliau memberi judul: Syabab bukan Murohaqoh. Setelah mengkaji di pasal ini, beliau menyampaikan dengan tegas sudah waktunya kita membuang istilah murohaqoh (yang dalam bahasa kita: remaja). Dan menegaskan bahwa istilah yang jelas dipakai oleh Nabi adalah Syabab (pemuda). Ini bukan sekadar pembahasan tentang istilah. Tetapi ada nilai di balik istilah yang membuat beliau menolak hal tersebut.
Kata Al Murohaqoh dalam Bahasa Inggris disebut: The Teenagers dan dalam bahasa kita dikenal dengan: Usia Remaja. Al Murohaqoh dalam kamus Arab bermakna: kedunguan dan kebodohan, kejahatan dan kedzaliman serta gemar melakukan kesalahan.

( Remaja Antara Hijaz dan Amerika)

Tidak ada komentar: