Kamis, 22 Januari 2015

Peran Pendidikan Anak Usia Dini


Lembaga/Sekolah usia 0-5 pada era Rasulullah memang tidak ada. Namun begitu keberadaan lembaga tersebut pada masa kini bisa memiliki peran sebagaimana dalam Konsep Sekolahnya Rasulullah. Peran lembaga (Paud-KB/TK) adalah menjadi fasilitator untuk mendekatkan peran orangtua dan anak. Lembaga harus mampu mendekatkan orangtua kepada anak, bukan malah mengambil peran orangtua atau bukan menjadi pengganti orangtua. Sunahnya, pendidikan anak usia 0-5 tahun, adalah pendidikan dengan peran utama adalah orangtua. Pada masa inilah masa pendidikan tauhid (pendidikan iman) yang menjadikan orangtua sebagai teladan utama. Pada usia ini anak harus menjadikan orangtua sebagai teladan dalam keimanan dan kecintaan kepada Allah, Rasul dan Al-Quran.
Lembaga PAUD TK/KB Embun Pagi berprinsip demikian. Bahwa lembaga harus mampu mendekatkan orangtua kepada anak. Orangtua harus dekat dengan anak. Lembaga menjadi fasilitator pendidikan anak anatara orangtua dan anak.
Oleh karenanya komunikasi sekolah dan orangtua haruslah inten. Sekolah harus sering melakukan Teaching Parents dan Konsultasi dengan orangtua. Maka keberhasilan pendidikan usia dini adalah dilihat dari seberapa besar peran orangtua pada pendidikan anak-anaknya.

FB : Paud Embun Pagi dan Paud Embun Pagi II

Tidak ada komentar: